BAB IV
KASUS DAN CONTOH PENERAPAN PERANGKAT LUNAK
UNTUK WATER MODELLING
Pemanfaatan dalam sebuah software yang kita gunakan dalam
pembuatan sebuah water modeling sama halnya yang terjadi dalam kehidupan nyata
kita sehari hari. Dari penggunaan software ini dalam water modeling ini kita
dapat membuat percobaan atau analisis bagaimana air itu menempati ruangnya, dan
ketika ada sebuah penghalang bagaimana air itu akan bereaksi atau bergerak
menabrak penghalang tersebut. Lalu ketika air dalam sebuah wadah gelas atau
wadah lainnya, akan dijatuhkan sebuah benda maka reaksi atau hal apa yang akan
terjadi pada air tersebut setelah benda masuk ke dalam air. Selain itu
penggunaan perangkat lunak ini kita dapat melihat hal yang terjadi jika sebuah
air di beri sinar. Di lihat dari dalam air atau dilihat dari luar air. Pada
software ini kitapun dapat membuat sebuah gelompang atau ombak- ombak air laut
seperti yang ada di dunia nyata kita, rintik – rintik titik air hujan yang
turun dari langit pun kita bisa menggunakannya dengan perangkat lunak ini.
Dalam sebuah kasus kita dari tim penulis membuat sebuah
contoh penginplementasian water modelling dengan menggunakan software Blender.
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini
langkah pertama jalankan software Blender pada komputer
anda, tampilan awal akan terlihat gambar cube atau kubus, pada tutorial ini
saya akan menggunkan cylinder. Hilangkan gambar cube dengan menekan x yang
berarti delete, lalu masukan objek cylinder.
Bentuk cylinder seperti bentuk dibawah ini dengan
menggunakan shortcut s-z artinya merubah posisi pada sumbu z. cylinder pertama.
Besarkan ukuran objek dengan menekan s lalu tarik kursor,
akan terlihat seperti gambar dibawah ini Tambahkan kembali objek yang sama
simpan didalam cylinder pertama.
Tampilan cylinder kedua terlihat seperti gambar dibawah,
tarik garis pada panah maka objek akan berpindah posisi keatas.cylinder kedua
ini berada didalam cylinder pertama.
Pada cylinder kedua besarkan ukuran tetapi tidak melebihi
cylinder pertama. Perintah membesarkan objek dengan menekan s tarik kursor.
tampilan cylinder kedua diperbesar.
Pada objek cylinder bagian dalam atau cylinder bagian dua
gunakan perintah seperti dibawah, pada perintah dibawah cylinder kedua
digunakan sebagi fluid.
Pada cylinder pertama atau objek bagian luar buat perintah
fluid dengan domain.
Tunggu hingga proses fluid selesai, terlihat pada lingkaran
merah, seperti gambar dibawah.
Tampilan saat fluid dijalankan
Untuk melihat sisi pada saat di render gunakan camera dan
lamp, terlihat pada bentuk yang berwarna hitam, fungsi camera untuk menyorot
sisi yang ingin kita lihat dan fungsi lamp untuk memberi cahaya agar saat
dilihat tampak terang dan sisinya terlihat.
Tampilan dibawah saat posisi dirender.
Untuk cylinder yang tidak dijadikan fluid atau cylinder
pertama akan dibuat transparan. saat proses render nantinya cylinder ini tidak
terlihat.
Tampilan dibawah merupakan proses render dimana cylinder
dibuat transparan.
Sekarang saatnya merubah warna pada tumpahan air yang kita
buat sesuai dengan warna air.
perintah pada transparancy masih pada perintah sebelumnya.
Membuat background dengan gradasi biru putih
Tarik panah biru keatas hingga tampilan seperti dibawah,
posisi cylinder naik keatas sesuai sumbunya
Proses rendering, untuk proses ini cukup lama, sebaiknya
menunggu hingga proses selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar