BAB 3
PERANGKAT
LUNAK YANG MENDUKUNG
KONSEP
WATER MODELLING
Pada saat ini begitu banyak software yang mendukung
pemodelana grafik seperti water modelling ini. Dari mulai yang berlisensi
hingga yang bersifat open source. Adapun perangkat lunak yang dimaksud adalah
sebagai berikut ini.A. Berlisensi/ berbayar Walaupun software ini berlisensi
ataupun berbayar, bukan berarti kita tidak bisa menikmatinya, karena setiap
softaware biasanya memberikan masa percobaan (Trial). Berikut adalah software tersebut.
1. 3Dmax3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya
MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis
oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and
Kinetix). Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS,
tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi
terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah
7. 3D Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan
sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft
Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang
banyak.Metode Pemodelan Ada 5 metode pemodelan dasar:
• Pemodelan dengan primitif
• NURMS(subdivision surfaces)
• Surface tool
• NURBS
• Pemodelan polygon
2. Cinema 4D Cinema 4D merupakan software 3D maker yang
cukup popular saat ini. Cinema 4D dikembangkan oleh maxon bersalah dari Jerman
yang datang sebagai program utama dengan sejumlah add-on modul, pertama kali
dikembangkan untuk platform Amiga, Cinema 4D sekarang datang untuk Mac dan PC.
Dengan tata letak preset yang disesuaikan serta beralih cepat antar modelling,
animasi dan layout lukisan merupakan salah satu kelebihan cinema 4D. Cinema 4D
ini cukup banyak digunakan untuk meproduksi film-film anemasi. Dan software ini
adalah termasuk “High-end 3D Computer Graphics” dengan kemampuan poligonal/subd
modelling, animating, rendering, texturing, lighting.
4. After EffectsAdobe After Effects adalah produk piranti
lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada
video. pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang
sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe. Adobe After Effects adalah
sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design.
Dengan perpaduan dari bermacam - macam software Design yang telah ada, Adobe
After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects
yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan
menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After
Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang
biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis. Adobe
After Effects memiliki fitur - fitur penting, misalnya Adobe After Effects
memiliki alat untuk membuat Shape ( seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop
). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe
Flash ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Terdapat juga Expression
yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang
lain.
B. Open Source
1. Blender 3D Blender 3D adalah software gratis yang bisa
anda gunakan untuk modelling, texturing, lighting, animasi dan video post
processing 3D. Blender 3D yang mmerupan software gratis dan open source ini
merupakan open source 3D paling popular di dunia. Fitur blender 3D tidak kalah
dengan software 3D berharga mahal sepert 3D studio Max, Maya maupun XSI. Dengan
blender 3D anda bisa membuat objek 3D animasi interaktif, model dan bentuk 3D
profesional, membuat objek game dan masih banyak lagi kreasi 3D laiinnya, dan
software ini jugalah yang akan kita guakan untuk menerpakkan water modelling
nantinya. Untuk penerapannya akan dibahasas pada bab 4.
2.Wings-3D. Wings 3D diperkenalkan pertama kali pada tahun
2001 dengan memiliki beberapa kelebihan seperti dukungan cahaya, material, dan
fasilitas AutoUV mapping. Aplikasi ini dibuat dari bahasa pemrograman Erlang
yang bersifta open source, didistribusikan oleh Ericsson, serta memiliki
struktur data bernama Winged Edge Data Structure yang digunakan untuk menyimpan
hubungan adjacency antara tepi, wajah, dans ebuah simpul di dalam model Wings
3D.
3. K-3DK-3D adalah software gratis untuk pemodelan 3D,
animasi, dan sistem rendering untuk GNU / Linux, POSIX, dan sistem operasi
Win32. K-3D fitur yang kuat untuk berorientasi pada objek arsitektur plugin,
yang dirancang untuk skala kebutuhan seniman profesional, dan dirancang dari
dasar untuk menghasilkan gerak-gambar animasi yang berkualitas dengan
menggunakan RenderMan-compliant mesin render. Sangat direkomendasikan
menggunakan Aqsis untuk membuat mesin menggunakan K-3D. K-3D memungkinkan Anda
untuk membuat dan mengedit dokumen dalam beberapa OpenGL yang padat dan
realtime, berbayang, tekstur-dipetakan pandangan. Anda bahkan dapat membuat
model bergerak dan berinteraksi dengan animasi ketika mereka bermain kembali
untuk produktivitas maksimum.
4. Crystal Space
4. Crystal Space
Crystal Space merupakan aplikasi
penuh fitur sebagai SDK yang menghasilkan gambar 3D untuk digunakan pada game
atau virtual reality. Berlisensi LGPL yang bersifat free, aplikasi ini dapat
dijalankan pula pada platform Windows maupun Mac OS.
5.
Ogre Aplikasi ini dapat membuat gambar tiga dimensi menjadi sangat indah. Mulai
dari tahun 2011, OGRE telah tumbuh menjadi salah satu aplikasi rendering yang
digunakan untuk berbagai macam proyek seperti game, simulator, perangkat lunak
pendidikan, serta visualisasi penelitian.
*NOTES*
berhubung karena blogspot sedang mengalami gangguan (mungkin koneksi jaringan saya juga sedang bermasalah) maka dari itu saya upload ulang PDF FULL di link berikut :
http://www.hoks-capital-investment.com/tugasarya/site/dpg
jika ingin mendownload file berikut bisa hubungi saya .
6.
Aqsis Renderer. Aqsis renderer merupakan perangkat lunak tiga dimensi yang sudah
dimiliki standar RenderMan, dibawah lisensi GPL dan sebagaian di bawah bendera
LGPL. Dibuat pertama kali oleh Paul Greogory yang meruoakan manajer proyek dan
admin utama dari aqsis. Semua produk Aqsis merupakan rendering, shader compiler
dan mendukung beberapa komponen lainnya.
7.
MeshlabMeshlab merupakan aplikasi pengolah gambar 3D bersifat open source,
portable, dan memiliki sistem extensible untuk pengolahan dan pengeditan 3D.
Tujuan dari sistem ini adalah membantu pengolahan model terstruktur yang timbul
dalam scaning 3D, kemudian menyediakan satu set alat untuk melakukan
pengeditan, pembersihan, penyembuhan, pemeriksaan, serta rendering dan
konversi.
8.
OpenFX Lahir pada tahun 1999, diciptakan oleh DR> Stuart Ferguson, Open FX
memang dilahirkan untuk menjadi aplikasi 3D modelling, animasi, dan rendering
yang termasuk dalam kategori open source. Nama pertama dari aplikasi ini adalah
SoftFX dan kemudian diganti menjadi OpenFX. Aplikasi ini sekarang menggunakan
lisensi GNU Public License (GPL).
9.
Calestia Aplikasi ini hampir mirip dengan Atellarium, program astronomi 3D yang
diciptakan oleh Chris Laurel. Program ini dibuat berdasarkan Hipparcos
Catalogue yang memungkinkan kita merasa seperti sedang menjelajah jagat raya
yang dibuat semirip mungkin aslinya dengan berbagai pilihan kecepatan, arah
manapun yang akan dituju, dan waktu manapun dalam sejarah Celestia.
10.
Art Of Illusion Sebagai salah satu program 3D modelling yang bersifat free atau
open source, semua bagian dari aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrogaman
Java dan dapat dijalankan pada java virtual machine yang mendukung J2SE 1.4
atau versi diatasnya.
Tujuan
dari aplikasi ini adalah menghasilkan alat modelling 3D yang andal dengan
menggunakan antarmuka grafis yang banyak ditemukan pada aplikasi modelling 3D
lainnya.
11.
TopMod3D. TopMod3d adalah sebuah sistem yang gratis, open source, portable,
platform pemodelan independen topological yang memungkinkan pengguna untuk
membuat mesh dengan tingkat tinggi.
TopMod3d
dapat membuat model yang dapat dikembangkan kedalam permukaan yang rata dengan
menggunakan perangkat lunak seperti Pepakura,
lapisan tipis Desain, Rhinoceros3D, dan Paracloud. Ia juga dapat membuat model
yang solid dengan menggunakan berbagai teknologi prototyping yang cepat.
12.
Softimage/XSI Mod ToolAplikasi grapik komputer 3D papan atas yang dimiliki oleh
autodesk untuk menghasilkan grapik 3D, modeling 3D dan animasi komputer. Hasil
dari software ini sering digunakan di film, video game dan periklanan untuk
membuat karakter, benda dan lingkungan. Di release tahun 2000 sebagai penerus
dari Softimage|3D, Softimage XSI di buat oleh Softimage Co.
anak
perusahaan dari Avid Technology. Pada tanggal 23 Oktober 2008 autodesk membeli
merek Softimage dan semua asset 3D senilai $35 juta dari Avid, yang mengakhiri
Softimage Co. Pada tahun 2009, Softimage XSI diganti nama dengan Autodesk
Softimage.
13.
ZmodelerZanoza Modeler (ZModeler) adalah sebuah perangkat lunak untuk
menciptakan danmemodifikasi karya seni 3D (model) untuk berbagai permainan.
Dibandingkan
dengan paket 3D Graphics canggih lainnya , ZModeler tidak dimaksudkan untuk
menghasilkan model 3D yang sangat rinci yang diperlukan untuk foto-realistis
rendering.
ZModeler
digunakan untuk model 3D Standar. Semakin akurat Anda membuatmodel tekstur 3D,
maka akan lebih baik terlihat di dalam game. Di sisi lain, semakin tinggi rinci
dari suatu model maka model tersebut akan menyebabkan decrease kinerja dari
game tersebut sehingga tidak memuaskan. Untuk menunjukkan sebuah gambar
tampilan yang sangat baik pada layar monitor saat anda memainkan game 3D,
komputer Anda melakukan perhitungan yang keras (Rendering). Pada saat ini, itu
diterjemahkan model 3D untuk gambar 2D, menggunakan lokasi objek, lokasi viewer
dan pencahayaan yang berbeda dengan teknik shading.
Permainan
modern menggunakan selusin teknik rendering untuk menghasilkan hasil yang
menarik, namun hasil ini secara umum berdasarkan kualitas model dan tekstur
digunakan.
Semua
lingkungan 3D terbuat dari model terpisah, seperti yang terlihat dalam
permainan. Kebanyakan dari mereka adalah objek yang terpisah, model (dan
biasanya file). Dalam ZModeler, pekerjaan Anda adalah untuk membuat model
terpisah dan menempatkan mereka dalam file yang tepat dan melihat hasilnya
dalam permainan.
ZModeler
melakukan standar Direct3D berbasis rendering juga, sehingga Anda dapat melihat
apa yang Anda buat modelnya, tetapi sebagian efek (seperti refleksi dinamis dan
bayangan cahaya .
Software
diatas adalah hanya beberapa software yang biasa digunaka, dan sebenarnya masih
banyak lagi software yang mendukung 3D animasi, redering maupun texturing. Dan
untuk menggunakan software 3D yang perlu anda ketahui adalah spesifikasi
komputer yang akan anda gunakan untuk melakukan creating, editing, dan juga
yang tak kalah penting adalah kemampuan anda atau petujuk yang mungkin bisa
anda gunakan untuk menerapkan konsep yang inginm anda implementasikan.
Nah,
untuk water modelling sendiri memang bisa dibuat dengan menggunakan software
yang telah dijelaskan diatas, tapi masing-masing software memiliki kelebihan
dan kekurang tersendiri sehingga kita menggunakan blender sebgai software
alternatif untuk menerapkan water modelling ini.
Dengan
konsep yang te;ah dijelaskan pada bab sebelumnya, kita tidak perlu mempelajari
lebih jauh bagaimana menerapkan konsep water modelling tersebut pada software
blender 3D, karena Blender sendiri memang sudah didesain sesuai kebutuhan para
pemula maupun yang sudah profesional.
*NOTES*
berhubung karena blogspot sedang mengalami gangguan (mungkin koneksi jaringan saya juga sedang bermasalah) maka dari itu saya upload ulang PDF FULL di link berikut :
http://www.hoks-capital-investment.com/tugasarya/site/dpg
jika ingin mendownload file berikut bisa hubungi saya .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar