Choose Your Background

Selasa, 01 April 2014

T3 Water Modelling - Desain Pemodelan Grafik (Bab IV) Contoh 2


Contoh 2 

Kali ini saya akan membuat model alir realistis menggunakan metode fluid modelling pada aplikasi blender 3D. Menggunakan Simulator Cairan dan YafRay untuk menciptakan realistis air mencari

Tutorial ini akan ( mudah-mudahan ) berhasil memandu Anda melalui penciptaan semi- realistis melihat air menggunakan Simulator Cairan di Blender , maka render di YafRay .

Ketika Anda pertama kali blender terbuka akan ada apa-apa kecuali sebuah kubus kosong.


Pastikan Anda berada dalam mode objek , dan skala kubus sampai sekitar 5 . Lakukan ini dengan menekan S di 3d melihat dan memegang ctrl , gerakkan mouse anda sampai nomor di kiri bawah layar adalah 5 . Atau pilih objek dan tekan S kemudian 5.



Selanjutnya, pada viewport kotak shading pilih wireframe . Hal ini memungkinkan Anda melihat melalui kubus .






Kita sekarang akan mengaktifkan kubus untuk Simulasi Fluid. Dengan kubus masih dipilih dalam mode objek, tekan F7 ( tombol object ) dan kemudian tekan tombol " Tombol Fisika " .





 Anda akan melihat tab berlabel " Simulasi Fluid " tekan Aktifkan dan kemudian Domain . Setelah menekan beberapa tombol Domain akan muncul , ini akan digunakan kemudian .
Pastikan Anda berada dalam tampilan atas sekarang , jika tidak hanya menekan NUMPAD7 . Berikutnya tekan space > Add > Mesh > Cylinder . 32 simpul ok .


Sekarang klik tengah dan seret di 3d tampilan untuk melihat silinder di dalam kotak indah Anda . ( yay! ) Apa yang akan terjadi adalah silinder akan berubah menjadi cairan , dan kotak besar adalah di mana cairan dapat mengalir tentang . ( itu adalah " dinding yang tak terlihat ")



Pindahkan silinder ke sudut kubus , Anda dapat memberikan beberapa ketinggian jika Anda suka. Sekarang dengan silinder masih dipilih tekan Shift - D untuk menduplikasi itu . Pindahkan silinder baru ke sudut yang berlawanan .



Pada kedua silinder pergi sim cairan . tab dan tekan Aktifkan kemudian Fluid . Ini memberitahu blender bahwa silinder ini adalah cairan .


PENTING ! Setelah ini , Anda harus SubSurf kedua silinder , tetapi tidak menerapkannya . Sebaliknya , ketika silinder menunjukkan preview SUbSurf , klik " X " di kanan atas preferensi SUbSurf .

(catatan noobie : Aku tidak tahu apa langkah di atas untuk menambahkan SUbSurf kemudian klik " X " dihapus . )


Beralih ke Obyek mode kemudian klik kanan pada kotak besar ( domain ) dan tekan tombol BAKE besar . Sebuah kotak kecil akan muncul dan klik pada pilihan yang paling atas .


Sekarang Anda akan melihat gumpalan hal looking muncul dalam silinder , dan akan jatuh ke tanah dan percikan di sekitar . Komputer Anda " kue " cairan .

(Menghitung mana ia harus pergi )




        Seperti yang Anda lihat sekarang , cairan sangat tidak realistis mencari . Jika Anda render , Anda akan melihat . Anda juga akan melihat bahwa silinder yang muncul dalam gambar .

Hal ini tidak diinginkan , sehingga dengan kedua silinder yang dipilih , tekan M kemudian klik pada salah satu kotak kecil yang belum ditekan . Ini memindahkannya ke lapisan lain .


Sekarang kita akan memindahkan kamera ke posisi yang berbeda untuk tampilan yang lebih baik . Pindahkan viewport sekitar sampai itu di mana Anda pikir akan memberikan pandangan yang terbaik dan tekan SHIFT - NUM0 untuk membuat kamera sesuai dengan pandangan Anda saat ini .


Tarik kamera yang baru ditempatkan kembali sedikit , sehingga ketika NUMPAD0 ditekan sebagian besar adegan dalam tampilan .


Anda seharusnya sudah memiliki sesuatu yang tampak seperti ini:




Sekarang kita akan rebake air pada resolusi yang lebih tinggi untuk hasil yang lebih rinci . Pilih goo mencari mesh, ( kedua gumpalan harus berubah ungu jika salah diklik ) dan pergi tab simulasi cairan lagi. Putar resolusi hingga sekitar 100 ( atau apa pun yang Anda inginkan) ini rebakes cairan untuk lebih detail . Jika Anda mengaktifkan pratinjau jala terlalu , Anda akan melihat lebih rinci sebelum rendering. Baking sekarang bisa memakan waktu cukup lama .


Setelah kue yang dilakukan , Anda siap untuk mengubah materi air untuk sesuatu yang lebih baik looking . Pertama mengubah penyaji untuk YafRay . Tekan F10 kemudian di bawah Render tombol besar pilih YafRay . Pastikan YafRay diinstal pertama , opsi tersebut masih muncul jika Anda tidak.


Mengubah latar belakang putih dengan menekan F5 kemudian klik pada kotak yang memiliki tombol dunia muncul ketika kursor melayang di atas itu .


Anda akan melihat HoR , babi , dan HoB . Mengubah ini semua jalan ke salah satu . Preview harus menjadi putih .

Sekarang pergi ke tombol material ( bola merah) dan membuat segalanya terlihat seperti berikut : ( . Saya pikir saya lingkari semua pilihan berubah , tapi mungkin tidak )


Setelah ini selesai melihat melalui frame dengan menekan panah kanan , menemukan satu yang terlihat keren kemudian tekan membuat dan Anda mungkin mendapatkan sesuatu seperti ini :


*NOTES*
berhubung karena blogspot sedang mengalami gangguan (mungkin koneksi jaringan saya juga sedang bermasalah) maka dari itu saya upload ulang PDF FULL di link berikut :

http://www.hoks-capital-investment.com/tugasarya/site/dpg
jika ingin mendownload file berikut bisa hubungi saya . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar