BAB
1.Pendahuluan
1.1. Latar Belakang
Pada penulisan sofskill kali ini membahas tentang Desain
Pemodelan Grafik. Desain Pemodelan Grafik itu sendiri adalah suatu ilmu yang
mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan
membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti hidup (bergerak). Proses ini
sepenuhnya dilakukan oleh komputer. Di sini akan menjelaskan tentang
implemntasi water modelling. Water modelling adalah pemodelan air dengan ciri
yang dimiliki oleh air, baik jika diberi aksi maupun reaksi air ketika diberi
aksi. Dalam water modelling, kita menggunakan software blender sebagai media
untuk menginplementasikan water modelling.
Unsur yang digunakan dalam pembuatan water modeling ini sama
seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut yaitu
adalah (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna)
membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut,
seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi
("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek
struktural komposisi yang lebih luas.
Water modeling yang kali ini kita buat adalah berupa
pemodelan sebuah air yang jatuh ke sebuah wadah, pemodelan tersebuat hanya
terdiri dari sebuah air yang jatuh kepada dari sebuah ketingiian tertentu ke
sebuah wadah atau bejana yang telah di buat sehingga wadah tersebut dapat
terisi penuh oleh air yang telah kita buat jatuh sebelumnya, di sini kita
membuatnya agar terlihat seperti aslinya (nyata) seperti yang kita lihat sehari
hari.
Proses pembuatan yang baik akan menghasilkan hasil yang
sangat memuaskan. Sedangkan proses pembuatan yang kurang baik akan membuat
hasil menjadi berantakan dan tidak menjadi yang diharapkan, sehingga di sini di
butuhkan keahliah dan kesabaran dan kerja kelompok yang baik dalam pembuatan
water modeling tersebut.
1.2.Maksud
dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan dari pembuatan Water Modelling kali
ini adalah :
1. Melengkapi salah satu syarat tugas yang di berikan dalam
mata kuliah Desai Pemodelan Grafis guna menambah nilai sofskill
2. Mempersiapkan mahasiswa pada untuk dapat membuat hasil
karya sesuai dengan bidang studi yang di jalani
3. Melatih kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam
melakukan tugas dan pekerjaan kelompok.
4. Mendapatkan masukan baru, baik berupa ilmu pengetahuan,
teknologi, dan pengalaman diluar perkuliahan, sehingga diharapkan dapat
mensinergikan antara dunia perkuliahan dengan dunia kerja .
1.3.Metode
Pembuatan
Di dalam pembuatan laporan ini, metode yang digunakan adalah
sistim kelompok dan pembagian tugas masing masing sesuai dengan kesepakatan
yang telah di berikan oleh ketua : Adapaun pembagian tugas dalam pembuatan
tugas Water Modeling kali ini adalah sebagai berikut:
1. Ketua : Achmad Yani, Tugas : Mengatur jadwal pertemuan
Mengatur perencanaan kerja Mempertagung jawabkan semua aktivitas kerja secara
umum
2. Desiner/Programer : Arya Pramudia, Tugas : Desiner
bertanggung jawab atas tampilan dari konsep kerja baik dalam seni menggambar
maupun animasi yang akan dikerjakan
3. Programer 1: M. Fajar R, Tugas : Menginplementasikan
hasil dari gambar ke dalam software aplikasi yang mendukung
4. Progremer 2 : G Ricky T, Tugas : Menginplementasikan
hasil dari gambar ke dalam software aplikasi yang mendukung
5. Dokumentator : Intan Octaviani, Tugas : Mendokumentasikan
semua kegiatan kerja, baik dari mulai kegiatan rapat hingga penulisan naskah
yang utuh.
1.4. Ruang
Lingkup
Dalam penyusunan pembuatan water modelling ini kami
membatasi ruang lingkup yang akan kami bahas. Kami hanya akan membahas
bagaimana proses Pembuatan Water modeling yaitu berupa tumpahan sebuah air ke
dalam wadah atau bejana sehingga wdah tersebut terisi penuh dengan membuatnya
menjadi 3D sehingga terlihat sesuai dengan aslinya yang kita lihat sehari hari,
dengan sofware blender. Hasil yang akan dicapai disini adalah membuat sedikit
animasi/gambaran bagaimana water modelling itu sehingga terlihat nyata sehingga
dapat diimplementasikan dengan baik, yaitu berupa aliran anak sungai.
1.5
Permasalahan Pokok
Adapun masalah yang akan dibahas dalam laporan Kuliah Kerja
Praktek yaitu: Proses pelaksanaan pembuatan Water Modeling, di sini kami juga
baru belajar sehingga kami harus mempelajari tentang water modeling tersebut
dan penggunaan perangkat lunak yang di gunakan dalam hal ini Blender.
1.6
Sistematika Penulisan
Kami menyusun penulisan pembuatan Water Modeling kali ini
menjadi lima bab dan masing-masing dibagi kedalam subbab yakni sebagai berikut:
• BAB I : Pendahuluan Bab ini berisi pendahuluan yang
menerangkan tentang latar belakang, maksud dan tujuan penulisan, metode
pengumpulan data, ruang lingkup, permasalahan pokok, serta sistematika
penulisan.
• BAB II: Konsep Water Modelling Bab ini berisi tentang
Penjelasan tentang konsep tersebut. Dapat menggunakan penjelasan matematika,
algoritma, contoh ataupun juga sejarah dikembangkannya konsep ini termasuk
orang yang mengembangkannya.
• BAB III: Perangkat lunak, perangkat bantu yang menerapkan
konsep Water Modelling tersebut. Didalam bab ini, penulis menjelaskan Perangkat
lunak, perangkat bantu yang menerapkan konsep Water Modellingtersebut.
• BAB IV: Kasus/contoh pemanfaatan perangkat lunak tersebut
untuk konsep Water Modelling Didalam bab ini, membahas tentang Kasus/contoh
pemanfaatan perangkat lunak tersebut untuk konsep Water Modelling .
• BAB V: Penutup dalam bab ini, menjelaskan mengenai saran
dan isi kesimpulan dari pembuatan water Modelling, dan mungkn saran-saran yang
berguna bagi kita semua terutama bagi kami pembuat yang berkaitan tentang water
modeling tersebut .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar