Choose Your Background

Minggu, 16 Juni 2013

Dampak Ekonomi yang disebabkan Pengaruh Website

Nama Kelompok :
1. Arya Pramudya (51411221)
2. Aida Fitria (50411468)
3. M.Fajar Budi Utomo (54411523)
4. Rony Parsaoran (56411455)
5. Pipit Damayanti (55411533)

1. Iklan

Advertising (periklanan) adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi individu untuk membeli produk atau layanan atau dukungan kandidat politik atau ide. Disamping itu, Dengan munculnya advertising, konsumen dapat mengetahui informasi yang lengkap mengenai produk alternatif, style, kualitas, dan harga. Sehingga dapat disebutkan dengan munculnya advertising dapat mengakibatkan shopping experience dari konsumen berubah.

Dilihat dari sisi perusahaan dalam mendistribusikan/memasarkan produknya, saat advertising semakin canggih dapat merubah struktur pasar dan “the nature of firm”. Struktur pasar dapat berubah katrena adanya informasi yang semakin baik sehingga bisa saja dari bentuk pasar yang tadinya monopolistik menjadi pasar persaingan sempurna . Sementara “the nure of firm (perusahaan ada karena adanya laba positif)” dengan adanya kenaikan dari jumlah pembeli/segmentasi pasar sehingga pendapatan total naik.

Dampak Advertising

Dengan adanya Advertising, perbandingan dalam hal berbelanja (tawar-menawar anatara konsumen dan produsen) jauh berkurang karena konsumen juga meiliki informasi yang baik terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu perusahaan memiliki insentif untuk memperluas jangkauan produk yang mereka tawarkan dan untuk beroperasi dalam skala yang lebih luas (peningkatan economic of scope).

Dengan tidak adanya Advertising akan terjadi kurangnya informasi mengenai suatu produk, belanja atau transaksi jual beli bersifat lokal (misalnya hanya terjadi di pasar saja) dan kesempatan untuk perusahaan melakukan ekspansi itu sangat kecil.

2. Penjualan Online (E-Shopping)
Keuntungan Secara Umum :
  • Maraknya Perkembangan TIK, dapat membuka banyak Lapangan Pekerjaan baru
  • Bisnis E-Commerce dapat mempermudah Transaksi Bisnis Perusahaan / Perorangan.
  • Dengan Fasilitas pemasangan Iklan di internet pada situs-situs tertentu, mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran produk.
Keuntungan Bagi Perusahaan :
  • Keuntungan Konsumen
  • Efektifitas
  • Efektif
  • Aman Secara Fisik
  • Fleksibel
  • Perluasan Jaringan Mitra Bisnis
  • Perluasan Pasar
  • Memperpendek Jarak antara pembeli dan penjual

Keuntungan bagi masyarakat:
  • Meningkatkan Kualitas SDM
  • Membuka Peluang Kerja Baru
  • Mengurangi Polusi
Kerugian :
  • Individualisme Semakin Tinggi
  • Terkadang Mengecewakan
  • Terjadinya Kriminalitas seperti Penipuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar