1. Arya Pramudya (51411221)
2. Aida Fitria (50411468)
3. M.Fajar Budi Utomo (54411523)
4. Rony Parsaoran (56411455)
5. Pipit Damayanti (55411533)
1. Iklan
Advertising (periklanan) adalah bentuk komunikasi yang
digunakan untuk mempengaruhi individu untuk membeli produk atau layanan atau
dukungan kandidat politik atau ide. Disamping itu, Dengan munculnya
advertising, konsumen dapat mengetahui informasi yang lengkap mengenai produk
alternatif, style, kualitas, dan harga. Sehingga dapat disebutkan dengan
munculnya advertising dapat mengakibatkan shopping experience dari konsumen
berubah.
Dilihat dari sisi perusahaan dalam
mendistribusikan/memasarkan produknya, saat advertising semakin canggih dapat
merubah struktur pasar dan “the nature of firm”. Struktur pasar dapat berubah
katrena adanya informasi yang semakin baik sehingga bisa saja dari bentuk pasar
yang tadinya monopolistik menjadi pasar persaingan sempurna . Sementara “the
nure of firm (perusahaan ada karena adanya laba positif)” dengan adanya
kenaikan dari jumlah pembeli/segmentasi pasar sehingga pendapatan total naik.
Dampak Advertising
Dengan adanya Advertising, perbandingan dalam hal berbelanja
(tawar-menawar anatara konsumen dan produsen) jauh berkurang karena konsumen
juga meiliki informasi yang baik terhadap produk yang ditawarkan. Selain itu
perusahaan memiliki insentif untuk memperluas jangkauan produk yang mereka
tawarkan dan untuk beroperasi dalam skala yang lebih luas (peningkatan economic
of scope).
Dengan tidak adanya Advertising akan terjadi kurangnya
informasi mengenai suatu produk, belanja atau transaksi jual beli bersifat
lokal (misalnya hanya terjadi di pasar saja) dan kesempatan untuk perusahaan
melakukan ekspansi itu sangat kecil.
2. Penjualan Online (E-Shopping)
Keuntungan Secara Umum :
- Maraknya Perkembangan TIK, dapat membuka banyak Lapangan Pekerjaan baru
- Bisnis E-Commerce dapat mempermudah Transaksi Bisnis Perusahaan / Perorangan.
- Dengan Fasilitas pemasangan Iklan di internet pada situs-situs tertentu, mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran produk.
Keuntungan Bagi Perusahaan :
- Keuntungan Konsumen
- Efektifitas
- Efektif
- Aman Secara Fisik
- Fleksibel
- Perluasan Jaringan Mitra Bisnis
- Perluasan Pasar
- Memperpendek Jarak antara pembeli dan penjual
Keuntungan bagi masyarakat:
- Meningkatkan Kualitas SDM
- Membuka Peluang Kerja Baru
- Mengurangi Polusi
Kerugian :
- Individualisme Semakin Tinggi
- Terkadang Mengecewakan
- Terjadinya Kriminalitas seperti Penipuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar